Flip Chart: Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan

Flip Chart Manfaat, Kelebihan, Kekurangan. Flip chart adalah sebuah lipatan buku yang berupa lembaran bergambar deskripsi atau penggalan gambar yang berjumlah tiga atau lebih. Lembaran-lembaran ini dihimpunkan pada suatu segi dan relatif besar untuk diamati oleh sekelompok orang. Flip chart dimaknai juga flip book atau sebuah buku lembaran yang dibalik. Flip chart baik digunakan sesuai yang diperuntukkan proses belajar pada kategori kelompok besar yaitu 30 orang, sebaliknya flip book untuk kelompok kecil yang berjumlah 4-5 orang. Flip chart merupakan satu diantara sarana lembaran yang lebih simpel dan relatif praktis.


Flip chart atau sketsa dibalik pada dasarnya berisi semua pelajaran yang akan disajikan. Namun pelajaran tersebut disampaikan bertahap secara berangsur-angsur atau sketsa demi sketsa. Setiap segmen pelajaran yang dilimpahkan pada halaman berupa kertas yang berlainan. Lebih jauh dari itu, halaman-halaman tersebut, dikumpulkan menjadi satu sehingga penerapan proses belajar kian tertata dengan mengaplikasikan flip chart ini. Cara pemakaian flip chart, hanya perlu memutar balik satu demi satu sesuai dengan pelajaran yang akan disampaikan.

Manfaat Flip Chart

Beberapa Manfaat Penggunaan Flip Chart, antara lain:

Mendeskripsikan Suatu Keadaan dengan Gambar

Penyajian informasi dengan mengamati gambar-gambar yang menyenangkan yang berguna pada murid, memicu murid yang hendak memandang lebih jauh lagi dan membayangkan perihal apa yang diamatinya. Selain itu gambar dengan konteks yang telah diketahui berkontributif pada murid secara individu maupun berkelompok demi mengidentifikasi gagasan-gagasan dalam gambar yang berkaitan dengan kegiatan sehari-hari hidup mereka. Seharusnya minat murid difokuskan pada nasihat-nasihat penting yang akan disampaikan.

Menunjukkan Tahap-Tahap Implementasi Suatu Mekanisme Kerja

Sebuah flip chart dapat diadakan untuk menunjukkan bagaimana upaya kerja dalam suatu mekanisme kerja, contohnya proses pengambilan sampel darah untuk materi pemeriksaan laboratorium dari orang yang terduga sebagai pengidap penyakit kanker darah. Murid harus menanggapi tingkatan dari setiap tahap dalam sebuah mekanisme kerja. Hal tersebut dibutuhkan untuk melatih diri bagaimana metode mengerjakannya.

Menganjurkan Murid Secara Berkelompok untuk Mengamati Sikap Mereka pada Perkara-Perkara Tertentu

Gambar-gambar yang mengandung sikap dalam memikat perasaan murid/kelompok. Hal itu bisa dilihat tanggapan yang muncul baik yang terungkapkan maupun dari opsi saran yang memuat pendapat murid/kelompok untuk melakukan penyelesaian masalah. Terpenting dari itu adalah pihak yang memiliki kepentingan dalam memberikan materi dan juga memberikan peluang untuk mengetahui perihal bagaimana murid menjawab atau bagaimana murid memahami suatu perkara sosial yang berwujud menimbulkan perdebatan.


Kelebihan dan kekurangan Flip Chart

Kelebihan Flip Chart
  1. Dapat menyampaikan pesan dalam proses belajar secara singkat dan efisien
  2. Bisa dimanfaatkan di dalam maupun di luar tempat berbentuk ruangan 
  3. Materi pengerjaan cukup murah
  4. Sederhana dalam dibawa kemana saja
  5. Meningkatkan kegiatan menuntut ilmu pada murid

Kekurangan Flip Chart
  1. Susah ditangkap dalam membaca disebabkan dengan kondisi terbatas
  2. Pendidik/pemberi materi  lebih ke arah membelakangi murid ketika menulis
  3. Idealnya kertas flip chart hanya untuk mengaplikasikan untuk sekali pakai
  4. Tidak cocok untuk anggota peserta yang lebih dari 15-20 orang

Demikian penjelasan Flip Chart: Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan. Semoga bermanfaat untuk semua yang membaca postingan ini.


Referensi:

Amin, Muhammad Asri. 2019. Menjadi Guru Profesional (Disertai Bimbingan Menjadi Pelatih Andal). Nuansa Cendekia. Bandung.