Geografi: Pengertian dan Prinsip

Geografi selaku ilmu pengetahuan yang selalu maju perkembangannya sangat luas maka dari itu para ahli geografi lebih ke arah untuk memilah menjadi berbagai cabang ilmu penunjang demi membantu bidang ilmu geografi. Dalam berkembangnya, geografi menjelaskan secara rinci mengenai permukaan bumi, keadaan cuaca, antariksa, penduduk, flora dan fauna dan berbagai perolehan berupa hasil dari bumi yakni perolehan hubungan antara manusia dengan lingkungannya.

 
Istilah geografi bersumber dari bahasa Yunani yakni geo bermakna bumi dan graphein yang bermakna tulisan. Maka dari itu, secara literal, geografi bermakna tulisan mengenai bumi. Jadi, geografi ada kalanya dikenal ilmu bumi. Namun, yang didalami dalam geografi bukan cuma tentang permukaan bumi belaka, tetapi juga hal-hal yang terdapat di permukaan bumi, di luar bumi, terlebih lagi berbagai objek di ruang angkasa juga ikut membuatnya jadi materi pelajaran geografi. Dengan begitu, pengertian ringkas tersebut mesti dikembangkan dan dipenuhi agar supaya meliputi seluruh perihal yang dibahas dalam pelajaran.

Pengertian Geografi

Berikut ini pengertian geografi menurut para ahli, antara lain.
  • Menurut Hart Shorne (1960), Geografi adalah bidang ilmu yang berupaya untuk mendeskripsikan dan menafsirkan sifat variabel dari suatu kawasan ke kawasan lainnya di bumi menjadi lingkungan kehidupan manusia.
  • Menurut Fielding (1974), Geografi adalah pelajaran mengenai letak dan konstelasi gejala pada permukaan bumi dan berbagai proses yang mengakibatkan penyaluran gejala tersebut.
  • Menurut Yeates dan Hagget (1979), Geografi adalah bidang ilmu mengenai progres nasional dan eksperimen terhadap berbagai teori yang menyatakan dan mengestimasi penyaluran spasial dan letak bermacam ciri dari permukaan bumi.
  • Menurut Semlok (1988) dan Nursid Sumaatmaja (1997), Geografi adalah bidang pengetahuan yang mendalami keserupaan dan perihal yang berbeda mengenai gejala geosfer dengan perspektif lingkungan hidup atau teritorial dalam latar belakang keruangan.
  • Menurut Claudius Ptolomaeus, geografi adalah suatu format penyampaian semua atau sejumlah permukaan bumi memakai sarana peta.
  • Menurut Karl Rither, geografi adalah sebuah pembahasan mengenai bumi yang menjadi lingkungan kehidupan manusia . pengkajian geografi bisa meliputi macam-macam gejala yang ada di permukaan bumi, entah itu lingkungan organik dan juga lingkungan anorganik yang tetap terikat dengan keadaan hidup manusia, hal itu sudah masuk kegiatan manusia itu sendiri pun ditelaah.

Prinsip Geografi

Berikut ini prinsip-prinsip geografi, antara lain.

Prinsip Persebaran

Di bumi, entah itu gejala alam ataupun gejala sosial, meluas tidak menyeluruh. Kenyataan tersebut tidak bisa dimungkiri. Dari kenyataan itulah timbul prinsip persebaran pada Geografi. Persebaran yang berlangsung di bumi dipengaruhi oleh berbagai fakta antara lain cuaca yang berbeda, flora dan fauna yang berbeda, serta model tanah yang berbeda.

Prinsip Interelasi

Prinsip Interelasi adalah pokok dipercaya sebagian besar pihak. Hal itu bertentangan dengan yang diharapkan karena prinsip tersebut kerap kali diindahkan. Pada prinsip tersebut, geografi memberikan pelajaran tentang pengetahuannya. Prinsip yang dipercaya pada setiap geograf tentang gejala geosfer adalah terdapatnya kaitang antargejala, entah itu gejala alam serta gejala sosial.

Prinsip Deskripsi

Sudah lama manusia berpendapat mengenai metode menampilkan atau menyajikan data ke dalam suatu bentuk gambaran agar supaya gampang dimengerti. Gagasan ini menghasilkan prinsip deskripsi dalam Geografi. Prinsip tersebut poinnya menyampaikan pernyataan dengan mendetail mengenai karakteristik yang bersifat khusus dari gejala geosfer. Prinsip tersebut bisa berbentuk deskripsi, ilustrasi, peta, tabulasi data, diagram, dan tabel. Format-format deskripsi mesti memfasilitasi pengguna dalam mencermati mengenai apa yang diberikan. Contoh implementasi prinsip deskripsi antara lain, aplikasi prinsip deskripsi tabel, aplikasi prinsip deskripsi grafik, aplikasi prinsip deskripsi bagan, dan aplikasi prinsip deskripsi peta.

Prinsip Korologi

Prinsip korologi adalah karakteristik Geografi kontemporer. Prinsip tersebut pertama kali dipublikasikan oleh Alfred Hettner pada tahun 1905. Menurut Hettner, korologi adalah ilmu mengenai daerah-daerah (ruang) di permukaan bumi dihubungkan dengan gejala yang timbul. Dewasa ini korologi adalah prinsip terdepan dalam pelajaran geografi sebab prinsip korologi mengintegrasikan prinsip yang telah disebutkan di atas. Prinsip ini menitikberatkan pada daerah ruang.

 
Demikian penjelasan geografi: pengertian dan prinsip. Semoga bermanfaat untuk semua yang membaca postingan ini.
 
 
Referensi:
 
Setyaningsih, Puput. 2019.  Prinsip dan Lingkup Geografi. PT Cempaka Putih. Klaten.
 
Soegimo, Dibyo., Ruswanto. 2009. Geografi untuk SMA/MA Kelas X. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun. Jakarta.