7 Destinasi Wisata Menarik di Balikpapan yang Wajib Dikunjungi

Balikpapan, bagaikan mutiara tersembunyi di pesisir Kalimantan Timur, menawarkan pesona alam dan budaya yang tak kalah menarik dari wilayah lain di Indonesia. Meskipun terkenal sebagai pusat industri perminyakan, kota ini memiliki sisi lain yang tak kalah menarik, yaitu kekayaan alamnya yang luar biasa. 

Jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan pengalaman wisata yang berbeda di Balikpapan, dengan berbagai pilihan wisata yang menarik dan penuh petualangan. Ingin menjelajahi Kota Balikpapan? Berikut 7 destinasi wisata menarik yang bisa menjadi spot foto dan jalan-jalan seru.
 

1.    Taman Bekapai

Bagi yang ingin mengunjungi Taman Bekapai, lokasinya berada di Jalan Jenderal Sudirman, Klandasan Ulu, Kecamatan Balikpapan Kota. Bukan hanya sebagai tempat nongkrong anak muda, lokasi ini pun menjadi pilihan keluarga untuk menghabiskan waktu bersama, baik dengan anak kecil maupun orang tua. 
 
Source: www.ksmtour.com - Sumbernya Disini
 
Sebagai simbol kebanggaan Kota Balikpapan, Taman Bekapai yang terletak di pusat kota menampilkan monumen perunggu abstrak yang dilengkapi air mancur menawan. Air mancur menjelma menjadi primadona di malam hari, memancarkan pesona yang memukau dengan bantuan cahaya yang menyelimuti. 

Di bawah naungan pepohonan rindang, taman ini menawarkan ketenangan dengan bangku-bangku yang siap menyambut pengunjung untuk bersantai dan menghirup udara sejuk. Tak perlu khawatir kelaparan, Taman Bekapai dikelilingi oleh penjual makanan dan minuman yang menawarkan berbagai pilihan rasa untuk dinikmati. Taman ini mudah dijangkau, hanya berjarak 6 kilometer dari pusat Kota Balikpapan. Dengan kendaraan roda dua atau empat, Anda dapat mencapainya dalam waktu sekitar 20 menit.
 

2.    Pantai Serumpun

Terletak di balik gemerlapnya Kota Balikpapan, Pantai Serumpun menawarkan sisi lain kota yang penuh pesona. Keindahan alamnya yang masih alami dan suasana yang tenang akan memberikan Anda pengalaman wisata yang tak terlupakan. Pantai ini menawarkan berbagai kegiatan untuk mengisi waktu luang Anda, mulai dari berburu foto senja yang memukau, bermain pasir bersama keluarga, hingga bermain air laut yang menyegarkan.
 
Source: www.idntimes.com - Sumbernya Disini
 
Pemandangan matahari pagi dan sore yang memukau merupakan magnet bagi para pengunjung untuk datang ke sini. Pada momen itulah, sang mentari memancarkan sinarnya yang indah, berkilauan di atas permukaan air laut. 

Cahaya bintang yang menghiasi langit pada malam cerah bagaikan lentera alam yang menerangi tempat ini, menghadirkan suasana yang tenang dan nyaman. Perpaduan antar cahaya lampu dan suara ombak di pantai Serumpun memberikan sensasi yang unik dan berbeda, membuat para pengunjung betah berlama-lama. Bagi para pecinta pantai yang ingin menjelajahi keindahan pantai ini, lokasinya berada di Jalan Mulawarman, Kelurahan Teritip, Kecamatan Balikpapan Timur.
 

3.    Kawasan Hutan Mangrove Margomulyo

Keindahan hutan mangrove di Balikpapan menarik banyak wisatawan untuk berkunjung. Destinasi wisata favorit di Balikpapan ini terletak di Jalan Sidodadi, Kelurahan Margomulyo, Kecamatan Balikpapan Barat, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Di sini, pengunjung dapat menikmati wisata alam yang menampilkan ekosistem mangrove secara langsung.
 
Source: www.ketiknews.id - Sumbernya Disini
 
Meskipun banyak dikunjungi, keasrian dan keindahan hutan mangrove ini masih terjaga, sehingga menjadi tempat yang tepat untuk menenangkan diri serta bersantai. Tak hanya pesona hutan mangrove yang memanjakan mata, wisata populer di Balikpapan ini menyediakan banyak spot foto instagramable dengan latar belakang hutan yang masih alami.
 

4.    Taman Tiga Generasi

Mengadopsi desain modern dan instagramable, Taman Tiga Generasi menjadi magnet bagi kaum milenial. Hadirnya destinasi wisata ini diharapkan dapat menjawab kebutuhan ruang terbuka hijau yang memadai bagi warga sekitar. Seiring berjalannya waktu, fasilitas dan sarana yang tersedia semakin beragam dan lengkap. 
 
Source: www.rumah123.com - Sumbernya Disini
 
Bukan hanya taman yang tertata rapi, lokasi ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang yang menarik. Pengunjung dapat menikmati taman bunga yang cantik, berteduh di bawah pepohonan rindang, dan beristirahat di gazebo yang tersedia. Taman Tiga Generasi dilengkapi dengan area olahraga, tempat bermain anak, kolam air, jalur refleksi, dan perpustakaan baca untuk pengunjung. Destinasi wisata ini dapat ditemukan di Jalan Jamrud 1, Kelurahan Sepinggan, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan.
 

5.    Penangkaran Buaya Teritip

Keberadaan penangkaran buaya di Jalan Mulawarman ini cukup tersohor di kalangan masyarakat Kalimantan Timur. Lebih dari 1.450 ekor buaya yang terdiri dari buaya muara, buaya air tawar, dan buaya sepit. 
 
Source: www.bernas.id - Sumbernya Disini
 
Kelangsungan hidup buaya air tawar dan buaya sepit terancam lantaran populasinya yang semakin sedikit. Mencicipi sate buaya di kawasan penangkaran buaya teritip bisa menjadi pengalaman kuliner yang tak terlupakan.
 

6.    Carribean Island Waterpark

Kota Balikpapan tak ketinggalan dalam menghadirkan taman bermain air atau waterpark yang tak kalah seru dan menarik dibandingkan dengan kota lain. Bagi Anda yang ingin mencari hiburan air di daerah Sepinggan, Carribean Island Waterpark dapat menjadi pilihan yang tepat, berlokasi di Perumahan Balikpapan Regency Kolonel Syarifuddin Yoes II.
 
Source: www.celebes.co - Sumbernya Disini
 
Pengunjung dapat menikmati berbagai wahana air yang seru di lokasi ini, seperti ember tumpah raksasa (spill bucket), kastil Karibia (Carribean Castel), seluncuran balap, dan berbagai jenis perosotan. Tak perl khawatir, Carribean Island Waterpark menyediakan kolam renang khusus balita maupun anak-anak, dan kolam renang dewasa, serta tak lupa berbagai permainan bola air yang menambah keseruan.
 

7.    Pantai Melawai

Keindahan pantai ini telah diakui oleh banyak orang, terbukti dengan banyaknya wisatawan yang datang berkunjung. Saat Anda berada di Balikpapan, jangan lupa untuk mengunjungi Pantai Melawai dan rasakan sendiri pesonanya yang luar biasa. Pemandangan alam di pantai ini mampu memukau siapapun yang datang berkunjung, menghadirkan suasana yang tenan dan damai dengan panorama yang menakjubkan. Keindahan alam Pantai Melawai semakin lengkap dengan keberadaan beberapa batu karang yang menumpuk dan membentuk daratan kecil, menyerupai pulau mini yang menawan.

Source: www.steemit.com - Sumbernya Disini

Bagi yang ingin menikmati suasana pantai tanpa harus jauh-jauh dari pusat kota, Pantai Melawai di Jalan Pelabuhan Semayang adalah pilihan tepat. Keunikan batu karang dan tembok beton di Pantai ini menjadi salah satu daya tarik yang memikat pengunjung. Batas ini tak hanya memisahkan perairan dan kehidupan kota, tapi juga menjadi simbol kontras antara ketenangan alam serta hiruk pikuk aktivitas manusia.
 
Demikian penjelasan tentang 7 destinasi wisata menarik di Balikpapan yang wajib dikunjungi. Semoga bermanfaat untuk semua yang membaca postingan ini.


Referensi:
 
Dikutip dari berbagai sumber.