7 Wisata Hits di Tual yang Wajib Dikunjungi

Tual merupakan bagian tak terpisahkan dari Provinsi Maluku. Meskipun hanya sebuah kepulauan kecil, Tual menyimpan segudang potensi wisata alam dan buatan yang mempesona. Dari pantai berpasir putih, pulau-pulau eksotis, danau yang jernih, hingga bangunan suci yang megah, semua tersedia di Tual.
 
Pesona alam yang luar biasa menarik banyak wisatawan untuk mengunjungi berbagai destinasi wisata di sekitarnya. Kekayaan budaya dan tradisi yang dilestarikan dengan baik menjadi daya tarik wisata yang tak ternilai harganya, menambah kemegahan dan keunikan daerah ini.
 
Mengisi waktu luang dengan menjelajahi tempat baru dan mendapatkan pengalaman baru adalah pilihan yang tepat untuk menyegarkan diri. Berikut ini daftar tempat wisata hits di Tual yang wajib dikunjungi untuk mendapatkan pengalaman wisata yang tak terlupakan.

1.    Pantai Ngurtafur

Pantai Ngurtafur adalah satu-satunya tempat untuk merasakan pesona alam Tual yang tiada duanya. Walaupun banyak pilihan lain, destinasi wisata ini bisa menjadi alternatif untuk dikunjungi.

Source: www.pancar.id - Sumbernya Disini

Agar sampai di Pantai Ngurtafur, wisatawan harus menyeberangi pulau dengan kapal selama 1 jam. Wisatawan akan disuguhkan dengan panorama alam sekitar yang menjadi daya tarik utama tempat ini. 
 
Tempat ini juga menjadi rumah bagi ekosistem penyu belimbing, spesies yang dilindungi. Pada waktu tertentu, wisatawan bisa menjumpai burung migrasi Pelican dari Australia di Pantai Ngurtafur.
 

2.    Pulau Adranan

Popularitas Pulau Adranan masih kalah dibandingkan dengan tempat wisata lain di Tual, namun keindahannya tak kalah menarik. Jarangnya manusia menginjakkan kaki di pulau ini, menjadikan alamnya terjaga keasliannya dan memancarkan keindahan yang luar biasa. Hamparan pasir putih bak permadani terbentang di tepi laut biru yang menyejukkan mata. 

Source: www.indonesia-tourism.com - Sumbernya Disini

Di antara gugusan pulau di Tual, Pulau Adranan merupakan salah satu yang tidak dihuni oleh manusia. Jika ingin menuju ke sana, perlu menyeberangi lautan dengan speedboat dari Pulau Bair yang memakan waktu kurang lebih 15 menit. Pulau ini menawarkan pengalaman unik dengan suasana sepi dan air laut yang jernih.
 

3.    Kampung Merah Putih

Di jantung Tual, terdapat wisata menarik dan unik yang menanti untuk dijelajahi. Destinasi wisata ini dikenal sebagai Kampung Merah Putih. Sejarah mencatat bahwa kampung di Desa Kiom, pintu masuk Tual saat ini, dulunya merupakan permukiman kumuh.
 
Source: www.goodnewsfromindonesia.id - Sumbernya Disini
 
Tahun 2017 menjadi titik balik bagi kampung ini. Renovasi besar-besaran dilakukan dengan sentuhan artistik berupa mural dan hiasan bertema persatuan Indonesia, demi mengangkat citra kota. Nama Kampung Merah Putih disematkan pada kampung ini karena alasan tersebut.

4.    Danau Ngadi

Bagi para penjelajah alam, Danau Ngadi merupakan destinasi wisata alternatif yang wajib dikunjungi. Bebaskan diri dari stres dan rasa penat dengang mengunjungi Danau Ngadi, rasakan kedamaian serta ketenangan di tengah suasana teduh yang ditawarkan. Surga dunia terhampar di sana, menawarkan pesona alam yang memukau dan ragam kegiatan yang menyenangkan.
 
Source: www.celebes.co - Sumbernya Disini
 
Bagi para pecinta memancing, Danau Ngadi merupakan tempat yang tepat untuk menyalurkan hobi mereka. Meski hanya mujair yang dapat dipancing, sensasi memancing di danau ini tetap tak kalah seru dan menyenangkan. Suasana di sekitar danau semakin asri dan sejuk dengan keberadaan pepohonan hijau yang rindang. Adapun momen terbaik untuk bersantai di danau ini adalah di sore hari, ketika langit berwarna jingga dan suasana teduh menyelimuti.

5.    Pantai Daftel

Pantai Daftel adalah rekomendasi selanjutnya yang tak boleh dilewatkan saat mengunjungi Tual, Maluku. Sama seperti pantai lain di sekitarnya, pantai ini menyajikan panorama yang memesona dan eksotis. Keunikan terumbu karang di sana terletak pada bentuknya yang menyerupai kapal laut yang karam, menambah daya tarik bagi para penyelam.
 
Source: www.wisato.id - Sumbernya Disini
 
Membutuhkan waktu dan kesabaran untuk mencapai lokasi tersebut, namun perjuangannya akan terbayarkan dengan pengalaman yang tak terlupakan. Rute perjalanan menuju lokasi diawali dengan penyeberangan ke Kepulauan Kei dari bandara terdekat, kemudian dilanjutkan dengan melewati area selat. Demi mencapai tujuan dengan optimal, perhatikan kebugaran fisik dengan melakukan persiapan yang matang sebelum memulai perjalanan.

6.    Pantai Ngurbloat

Keistimewaan pantai ini terletak pada tekstur pasirnya yang luar biasa halus, memanjakan kaki dan memberikan rasa nyaman. Dengan demikian, Pantai Ngurbloat menjelma menjadi destinasi wisata utama di Tual. Wisatawan dapat menikmati berenang dan menyelam dengan nyaman di pantai ini, berkat airnya yang jernih dan ombaknya yang tenang.
 
Source: www.bafageh.com - Sumbernya Disini
 
Pesona Pantai Ngurbloat kian memikat dengan hadirnya kurang lebih 10 pulau kecil di sekitarnya. Pantai ini menawarkan kegiatan diving yang menarik bagi para penyelam. Selain itu, wisatawan akan disuguhkan pemandangan bawah laut yang luar biasa dengan ekosistem yang terpelihara dengan baik di Pantai Ngurbloat. Plastik dilarang dibawa ke Pantai ini untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

7.    Goa Hawang

Goa Hawang, sebuah permata tersembunyi di Tual, menawarkan pesona alam yang memukau bagi para penjelajah. Keindahan Goa Hawang tak hanya memikat mata, tetapi juga diselimuti oleh berbagai cerita mistis yang beredar di masyarakat sekitar.
 
Source: www.joglowisata.com - Sumbernya Disini
 
Wisata alam ini terletak di gugusan Kepulauan Kei yang memesona. Hutan lebat yang rimbun menyelimuti area di sekitarnya, menciptakan suasana yang asri dan teduh. Saat memasuki Goa Hawang, pengunjung akan disuguhkan pemandangan kolam alami dengan air jernih yang dihiasi oleh batu-batu alam.

Ketika cahaya matahari menembus celah gua, air di kolam akan berkilauan dengan pantulan cahaya yang indah. Keunikan kolam mini ini terletak pada koneksinya dengan mata air Evu, sebuah sungai bawah tanah yang menambah daya tariknya.
 
Demikian penjelasan tentang 7 Wisata Hits di Tual yang Wajib Dikunjungi. Semoga bermanfaat untuk semua yang membaca postingan ini.
 
Referensi:
 
Dikutip dari berbagai sumber.