Simak, Sejumlah Wisata Pantai di Bangka Belitung yang Perlu Kalian Kunjungi

Wisata Pantai. Bangka Belitung adalah satu diantara provinsi yang memiliki karakteristik berbeda dan terletak di sebelah timur Provinsi Sumatra Selatan. Provinsi yang tidak tergabung dengan pulau sumatera ini memiliki objek pantai yang berlainan dengan kawasan lainnya.
 
Wisata Pantai Bangka Belitung
 
Berbagai pantai di Bangka Belitung masih bersih dan alami, tentunya hal itu menjadi daya tarik tersendiri. Daerah produsen timah paling besar di Indonesia ini, mempunyai banyak destinasi wisata pantai yang spesial dan sangat bagus untuk kalian kunjungi, antara lain.

1.    Pantai Pasir Padi

Pantai Pasir Padi berada di Kecamatan Bukit Intan, Kota Pangkal Pinang, tepatnya di Desa Air Hitam. Pantai tersebut memiliki jarak sekitar 8 kilometer Kota Pangkal Pinang. Pantai Pasir padi yang memiliki kelandaian tersendiri ini memiliki panjang tepi laut kurang lebih 300 meter. Sebab keberadaannya yang dekat, entah itu dari Bandara Depati Amir ataupun Dermaga Pangkalan Balam, pantai ini begitu gampang untuk diakses oleh mereka yang sebagai pengunjung.

Para pengunjung bakal dibuat kagum dengan keindahan pemandangan pantai ini. Gelombang ombaknya yang lembut seolah-olah mengambil hati pengunjung untuk melakukan aktivitas renang atau hanya bermain air di tepi pantai. Pengunjung juga bisa berlayar menuju Pulau Semajun atau Pulau Panjang. Kedua pulau tersebut keberadaannya sekitar 2 mil dari tepi pantai. Di Pulau Panjang, pengunjung dapat menyaksikan kegiatan para nelayan. Di samping itu, pengunjung pun bisa mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli dan merasakan sensasi perolehan berupa hasil tangkapan para nelayan, layaknya ikan dan kepiting. Sebaliknya, Pulau Semajun adalah sebuah pulau kecil yang tidak berpenduduk.

2.    Pantai Matras

Pantai Matras adalah satu diantara destinasi wisata terkenal di Provinsi Bangka Belitung. Pantai yang memiliki panjang 3 kilometer ini berada di Kelurahan Sinar Jaya, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, tepatnya Desa Matras. Pantai Matras berjarak kurang lebih 40 kilometer dari pusat kota Pangkal Pinang. Waktu tempuh dari Kota Pangkal Pinang ke arah Pantai Matras kira-kira memerlukan 1 jam dengan jalannya yang berliku-liku.

Para pengunjung bisa merasakan sensasi bentangan pantai berpasir putih dan juga landai di pantai ini. Barisan pohon kelapa dan arus sungai yang bening membuatnya jadi background panorama pantai yang kerap kali dikenal dengan sebutan Pantai Surga ini. Bentangan pasir berpadu dengan bebatuan indah disekitarnya layaknya batu permata yang terhampar di hadapan kalian. Para pengunjung bisa berjemur, mandi, maupun hanya untuk rileks di Pantai Matras. Sekalipun jenuh dengan guyuran gelombang ombak dan airnya biru, para pengunjung bisa duduk di berbagai batu besar di kiri kanan pantai.

3.    Pantai Tanjung Pesona

Pantai Tanjung Pesona berada di Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, tepatnya Desa Rambak. Pantai itu sendiri berada di antara Pantai Teluk Uber dan Pantai Tikus. Layaknya berbagai pantai di Bangka Belitung kebanyakan, Pantai Tanjung Pesona memberikan panorama pantai berbatu granit yang besar. Berbagai batu besar itu ada di atas pantai pasir putih serta landai. Guyuran gelombang ombak kian menambah kesan eksotis pantai ini.

Para pengunjung bisa melakukan aktivitas renang di daerah perairan luar pantai yang memiliki ombak tenang ini. Di samping itu, para pengunjung bisa duduk bersandar di batu besar seraya dengan menatap bentangan air laut yang biru dan luas. Desiran angin laut dan berbagai pohon yang rimbun di sekeliling Pantai Tanjung Pesona cocok untuk rileks, menghilangkan letih dari aktivitas sehari-hari.

4.    Pantai Romodong

Pantai Romodong berada di Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka Utara, tepatnya di Desa Bukit Ketok dan jaraknya 77 kilometer dari Kota Sungai Liat.  Pantai ini memiliki panjang 4 kilometer serta pasir putih dengan air laut yang bening.

Pintu masuk pantai ini begitu khas, itulah sebabnya yang menjadi magnet tersendiri untuk para pengunjung. Jalan itu sendiri terletak di samping-samping dua batu besar. Batu ini umumnya dikenal dengan “Batu Belah Tangkup”.

Pasir putih serta arus gelombang ombak yang harmoni membuatnya jadi magnet tersendiri dari Pantai Romodong. Pantai ini yang landai begitu sesuai untuk bermain atau melakukan aktivitas rileks dan juga ombaknya yang tenang begitu sesuai untuk berenang. Bila petang tiba, panorama matahari yang tengah terbenam membuatnya jadi persembahan akhir yang cocok ketika berlibur di pantai ini.

5.    Pantai Tanjung Kerasak

Pantai Tanjung Kerasak berada di Kecamatan Tukak Sadai, Kabupaten Bangka Selatan, tepatnya di Desa Putih. Dari kawasan Toboali, Pantai tersebut memiliki jarak sekitar 30 meter. Bagi pengunjung yang ingin menjangkau Pantai Tanjung Kerasak, begitu mudah sebab jalan yang dilewati telah beraspal.
 
Para pengunjung bisa merasakan sensasi keindahan pemandangan di pantai ini. Pasirnya yang putih dan air lautnya yang bening kebiruan membuatnya jadi magnet khusus Pantai Tanjung Kerasak. Serangkaian dari berbagai batu granit di tepi pantai kian menambah menambah keelokan pantai ini. Pengunjung bisa merasakan sensasi indahnya pantai seraya dengan bersandar di barisan bebatuan itu. Terlebih lagi, daerah hutan alami di kiri kanan pantai kian menambah keindahan pada suasana Pantai Tanjung Kerasak.
 
Tidak sedikit kegiatan yang bisa dilangsungkan oleh para pengunjung di pantai ini. Riak ombak yang tenang begitu sesuai bila dimanfaatkan untuk aktivitas renang. Di samping itu, para pengunjung bermain olahraga bola voli di pantai yang landai ini. Bila masih belum puas, para pengunjung bisa mencarter perahu cepat untuk menjelajahi Pantai Tanjung Kerasak dan berbagai pulau paling dekat dengannya.
 
 
Demikian penjelasan sejumlah wisata pantai di Bangka Belitung yang perlu kalian kunjungi. Semoga bermanfaat untuk semua yang membaca postingan ini.
 
 
Referensi
 
Santoso, Apriyanto Dwi. 2018. Pesona Wisata Kepulauan Bangka Belitung. PT Aksarra Sinergi Media. Surakarta.