7 Rekomendasi Tempat Wisata di Bondowoso untuk Liburan Akhir Pekan

Bondowoso, bagaikan surga tersembunyi di Jawa Timur, menawarkan berbagai destinasi wisata yang memukau. Pemandangan alam yang indah, udara yang sejuk, dan suasana yang tenang akan membuat para pengunjung berlama-lama di kawasan ini. 

Keanekaragaman destinasi wisata di Bondowoso mampu memanjakan mata dan membuat para pengunjung ingin kembali lagi. Berikut ini 7 Rekomendasi Tempat wisata di Bondowoso yang cocok untuk liburan akhir pekan.

1.    Kawah Gunung Ijen

Kekuatan alam Gunung Ijen dan kawahnya menumbuhkan rasa kagum serta hormat bagi para pengunjungnya. Terdapat fenomena api biru yang langka di Kawah Gunung Ijen, berpadu dengan panorama alam yang memukau pada ketinggian 2.443 mdpl, menjadikannya tempat yang tak terlupakan.
 
Source: www.theworldtravelguy.com - Sumbernya Disini
 
Danau Kawah ijen dengan luas 5.446 hektar merupakan bukti nyata keagungan alam dan menjadi kebanggaan Indonesia. Bagi para penjelajah alam yang ingin menikmati keindahan Kawah Ijen, lokasi wisata ini masih berada di kawasan Bondowoso dengan harga tiket masuk sekitar Rp 150.000. Meskipun menawarkan keindahan alam yang luar biasa, Kawah Ijen memiliki suhu yang ekstrem sehingga para pengunjung harus selalu waspada serta berhati-hati.
 

2.    Taman Bunga Villa Afdeling Jampit

Salah satu objek wisata utama di Bondowoso adalah Taman Bunga Villa Afdeling, tempat yang tepat untuk menikmati keindahan bunga-bunga dengan berbagai jenis maupun warna. Vila bergaya indies di tengah taman bunga ini menjadi daya tarik tersendiri, menghadirkan nuansa klasik dan vintage yang memukau.
 
Source: www.travelingyuk.com - Sumbernya Disini
 
Meskipun tidak memiliki banyak fasilitas, Taman Bunga Villa Afdeling mampu memikat para pengunjung dengan keindahan alamnya yang luar biasa. Selain itu, pengunjung dapat menikmati kesejukan udara dan keindahan bunga-bunga di Taman ini, sekaligus mengabadikan momen dalam foto-foto yang indah. Destinasi wisata ini terletak di Jampit, sebuah wilayah di Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.
 

3.    Kebun Teh Tambi

Desa Tambi di Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo menjadi rumah bagi hamparan perkebunan teh yang luasnya mencapai 830 hektare. Keindahan panorama Kebun Teh Tambi siap memikat para pengunjung. Berada di dataran tinggi, kebun teh ini menawarkan udara sejuk dan panorama alam yang indah. 
 
Source: www.terasinfo.id - Sumbernya Disini
 
Kehijauan daun teh di Kebun Teh Tambi berpadu sempurna dengan panorama pegunungan yang mengelilinginya sekaligus menghadirkan suasana yang tenang dan damai. Tak hanya menawarkan panorama yang indah, kebun teh ini juga dilengkapi dengan pabrik pengolahan teh yang menarik untuk dikunjungi. 

Di Kebun Teh Tambi, pengunjung tak hanya disuguhkan dengan panorama alam yang indah, tetapi juga dapat mengikuti tur edukasi untuk melihat proses pembuatan teh, mulai dari pemetikan daun teh di kebun hingga menjadi teh siap seduh. Kebun teh ini yang telah berdiri sejak tahun 1865 di masa penjajahan Belanda merupakan bukti nyata dari kegigihan para pendahulunya dalam membangun perkebunan teh di Indonesia. Kini, setelah 158 tahun, Kebun Teh Tambi menjadi simbol sejarah dan keindahan alam yang tak ternilai harganya.
 

4.    Kawah Wurung

Kawah Wurung menawarkan panorama alam yang menakjubkan. Perbukiyannya yang luas dan padang rumputnya yang hijau menghadirkan suasana tenang dan damai. Berbeda dengan kawah lain, Kawah Wurung tidak mengeluarkan material panas seperti lava atau asap belerang.
 
Source: www.bondowosotourism.com - Sumbernya Disini

Pemandangan bukit-bukit tinggi yang mengelilingi Kawah Wurung bagaikan lukisan alam yang begitu indah. Ditambah dengan udaranya yang sejuk, tempat ini menjadi surga bagi para pecinta alam. Perbukitan di sekitar kawah ini bukan hanya pelengkap, namun juga bagian penting yang menambah pesona keindahannya. Keindahan alam yang memukau ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung, membuat mereka ingin kembali ke Kawah Wurung.
 

5.    Batu So'on

Fenomena alam Batu So'on menghadirkan pesona unik yang tak terlupakan. Kemegahan Stonehenge seakan terpancar di tempat ini, dengan susunan bebatuan yang tak kalah memukau. Kesamaan keduanya semakin diperkuat dengan lanskap yang tak jauh berbeda. 

Source: www.misteraladin.com - Sumbernya Disini

Keindahan alam yang menawan semakin dipercantik dengan susunan batu alam yang rapi dan apik di atas bukit hijau. Bebatuan yang mengagumkan menjadi daya tarik utama, namun alam yang asri menawarkan ketenangan untuk melepas penat. Wisata Batu Susun Solar dapat ditemukan di Desa Solor, Kecamatan Cermee, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.
 

6.    Air Terjun Blawan

Berada di kawasan Bondowoso, Air Terjun Blawan dapat ditemukan di Dusun Rengaherjo, Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol. Jarak air terjun ini dan Kawah Ijen tidak terpaut jauh. Hal ini dikarenakan Air Terjun Blawan merupakan hilir Sungai Pahit yang berasal dari rembesan Kawah Ijen dengan kandungan belerang. 
 
Source: www.nawacitapost.com - Sumbernya Disini
 
Keindahan alam Air Terjun Blawan semakin lengkap dengan kehadiran Air Terjun Mini Niagara dan pemandian air panas yang menyegarkan serta menenangkan. Para wisatawan dapat merasakan kedamaian dan ketenangan alam yang luar biasa di sini.
 
Air Terjun Blawan merupakan bagian dari Cagar Alam Ceding, sebuah kawasan yang dilindungi karena keanekaragaman hayatinya. Pemandangan yang memesona dan nuansa alam yang masih terjaga menarik banyak wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini. Bagi para pencinta alam, Air Terjun Blawan adalah pilihan yang tepat untuk merasakan sensasi wisata alam yang unik dan berbeda dengan pepohonan rindang maupun air terjun deras yang menjadi daya tarik utama.
 
Dengan harga Rp 2.000 per malam, para wisatawan dapat merasakan pengalaman wisata alam yang tak terlupakan di destinasi wisata ini. Pengalaman wisata alam di Air Terjun Blawan dapat dilengkapi dengan menginap di Kawasan Kalisat yang menawarkan berbagai pilihan akomodasi dengan harga sewa Rp 200 ribu per malam.
 

7.    Air Terjun Tancak Kembar

Pesona alam Bondowoso mampu memikat siapa saja yang mengunjunginya. Termasuk Destinasi wisata menarik untuk dikunjungi yang berada di Desa Andongsari, Kecamatan Pakem yakni Air Terjun Tancak Kembar. Seperti namanya keindahan dua air terjun jernih ini menjadi daya tarik utama yang tak boleh dilewatkan.
 
Source: www.pesisir.net - Sumbernya Disini

Julukan “kembar” disematkan pada dua air terjun ini karena ukurannya yang hampir sama. Suasana asri di sekitar air terjun membuat pengunjung betah berlama-lama. Keindahan Air Terjun Tancak Kembar tak boleh dilewatkan oleh para pecinta alam. 

Demikian penjelasan tentang 7 rekomendasi tempat wisata di Bondowoso untuk liburan akhir pekan. Semoga bermanfaat untuk semua yang membaca postingan ini.
 
 
Referensi:
 
Dikutip dari berbagai sumber.