Cara Berhenti Merokok yang Efektif

Cara Berhenti Merokok. Kandungan senyawa zat kimia didalam rokok menjadikan berbahaya untuk dikonsumsi. Satu batang rokok mengandung sekitar 4000 zat kimia berbahaya, seperti zat nikotin yang dapat menyebabkan seseorang merasa kecanduan. Dari 4000 senyawa zat kimia terdapat 400 jenis zat beracun, dan 43 zat beracun penyebab kanker, seperti tar atau aspal. Banyaknya zat kimia terkandung mejadikan rokok sebagai faktor risiko yang dapat memperparah suatu penyakit, seperti penyakit jantung koroner dan stroke, kanker paru-paru, Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK), gagal ginjal dan tuberkulosis.


Tidak hanya perokok aktif tetapi ada juga perokok pasif yang akan merasakan dampak akibat asap rokok dari perokok aktif. Pentingnya untuk berhenti mengkonsumsi rokok dengan tujuan agar dapat melindungi orang terdekat dan diri kita sendiri agar terhindari dari bahaya rokok dan asap rokok. Berikut tips untuk berhenti merokok untuk perokok aktif yang efektif, antara lain sebagai berikut:

1.    Membulatkan Tekad

Bertekad kuat dan niatkan didalam diri untuk berhenti merokok, mosalnya ingin melindungi keluarga dari paparan asap rokok (perokok pasif) agar tidak terkena risiko penyakit akibat asap rokok. Selain itu, ang yang digunakan untuk membeli rokok dapat dialihkan untuk kebutuhan yang lebih bermanfaat.

2.    Membiasakan

Mulailah membiasakan diri untuk berhenti merokok secara perlahan dengan melakukah pengurangan jumlah rokok yang dihisap persehari. Misal, hari pertama 10 batang, hari kedua 8 batang, hari ketiga 6 batang, hari keempat 4 batang, hari kelima 2 batang, dan hari keenam 0 batang. Sehingga secara bertahap dapat memudahkan untuk berhenti merokok. Selain itu, langkah yang bisa dicoba yakni dengan berhenti seketika atau total. Hari ini masih merokok besok sudah berhenti sama sekali, namun masih banyaj orang yang belum berhasil menerapkan.

3.    Kenali Waktu dan Situasi

Mengenali waktu dan situasi dimana kebiasaan merokok paling sering dilakukan bagi perokok aktif. Seperti, pada saat menunggu, sesudah makan, berkumpul dengan teman-teman, dan lainnya. Kebiasaan merokok ini dapat dialihkan dengan melakukan kegiatan positif lain misalnya dengan mengkonsumsi permen sebagai pengganti.

4.    Meminta Dukungan Keluarga dan Kerabat

Dukungan dari keluarga dan kerabat dekat memiliki peran yang penting untuk mengingatkan agar tidak merokok. Dukungan ini dapat berpengaruh terhadap keberhasilan dalam berhenti merokok, sebab dengan dukungan dapat membuat kita termotivasi untuk berhenti merokok.

5.    Menahan Keinginan dengan Menunda

Jika muncul dorongan untuk merokok, tundalah keinginan tersebut selama 5 menit sebelum menyalakan rokok. Pada hari selanjutnya, jika dorongan tersebut muncul maka tingkatan penundaan selama 10 menit dan tambah penundaan selama 5 menit setiap harinya, dengan cara ini tubuh akan menyadari dorongan untuk merokok dengan perlahan akan menghilang.

6.    Olahraga Teratur

Olahraga secara teratur dapat membuat pikiran menjadi segar dan suasana hati yang lebih baik sehingga dapat membantu menghilangkan stress. Dengan begitu seseorang yang merokok tidak perlu lagi menggunakan alasan untuk menghilangkan stress. Selain itu, tubuh menjadi sehat dan bugar.

7.    Konsultasi dengan Dokter

Jika merasa kesulitan untuk berhenti merokok sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter untuk membantu menghadapi ketergantungan terhadap nikotin sehingga dapat dibantu dengan melakukan terapi berhenti merokok secara perlahan dan semakin menyadari tentang bahaya merokok dalam jangka panjang.


Demikian penjelasan cara berhenti merokok yang efektif. Sayangilah tubuh dan orang disekitar kita dengan berhenti merokok karena asap dari rokok bisa menyakiti orang yang kita sayangi. Berhentilah merokok sebelum rokok menghentikan hidupmu! Stay safe and healthy.


Referensi

Kementerian Kesehatan. 2018. 7 Tips Ampuh Berhenti Merokok Bagi Anda yang Perokok Berat. Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan