Pendekatan Saintifik: Pengertian, Tujuan, dan Ruang Lingkup

Pendekatan saintifik adalah tipe pembelajaran yang diawali dari penghimpunan data dengan melakukan pengamatan, melakukan pengkajian, menanyakan, memproses informasi maupun data, sampai dengan menyampaikannya dalam mekanisme implementasi pada kaidah-kaidah keilmuan.
 
 
Pendekatan saintifik ditujukan untuk memberikan interpretasi kepada peserta didik dalam mengetahui, memahami materi-materi dengan menerapkan metode ilmiah, bahwa keterangan informasi dapat bersumber dari mana saja, kapan saja, tidak terikat pada informasi satu arah dari tenaga pendidik.

A.    Pengertian Pendekatan Saintifik

Berikut ini beberapa pengertian pendekatan saintifik menurut para ahli antara lain.
  • Menurut John W. Best dan James V. Kahn, pendekatan saintifik adalah suatu langkah untuk mencoba mendapatkan dan menemukan validitas yang obyektif mengenai gejala yang diamati melalui mekanisme penghimpunan data yang terstruktur dan pendalaman yang tepat.
  • Menurut Herbert A. Simon, pendekatan saintifik adalah suatu mekanisme perkembangan dan pengujian hipotesis yang memberikan kesempatan pada siapa saja untuk memahami gejala secara lebih baik dan untuk memperkirakan tingkah laku serta hasil yang barangkali muncul di waktu mendatang.
  • Menurut Thomas Kuhn, pendekatan saintifik adalah suatu hal yang melibatkan pola pikir atau model teoritis yang diaplikasikan oleh para ahli sains untuk mendapatkan pemahaman mengenai gejala tertentu. 
  • Menurut Karl Popper, pendekatan saintifik adalah strategi yang dilandaskan pada penyangkalan maupun pengujian teori yang dilakukan secara terus menerus dalam rangka mendapatkan kejelasan tentang validitas dari suatu hipotesis.
 

B.    Tujuan Pendekatan Saintifik

Namun pada kesempatan kali ini penjelasan mengenai tujuan pendekatan saintifik berkaitan dengan organisasi. Berikut ini beberapa tujuan pendekatan saintifik dari sisi organisasi antara lain.
 

1.    Menaikkan Tingkat Efisiensi dan Efektivitas

Satu diantara tujuan dari melakukan pendekatan saintifik ialah untuk menaikkan tingkat efisiensi dan efektivitas di dalam organisasi dengan mencari langkah terbaik dalam rangka menjalankan tugas yang mendatangkan produktivitas.

2.    Memperkecil Beban Produksi

Dengan meningkatkan efisiensi dan efektivitas serta mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya yang ada, pendekatan saintifik mampu mempermudah organisasi dalam rangka memperkecil beban produksi maupun menaikkan tingkat profit.
 

3.    Meningkatkan Kualitas Produk

Dengan menerapkan metode ilmiah dalam rangka meningkatkan mekanisme produksi, pendekatan saintifik dapat mempermudah organisasi untuk menaikkan tingkat kualitas produk yang dihasilkan.

4.    Mendorong Perkembangan Kemampuan Pekerja

Dengan menerapkan pendekatan saintifik tentunya akan mendorong perkembangan kemampuan pekerja. Hal tersebut dapat diwujudkan dengan memberikan pelatihan dan pengembangan yang dibutuhkan dalam rangka menaikkan tingkat kinerja pekerja terkait. 
 

5.    Menaikkan Tingkat Kepuasan Pekerja

Dengan memberikan pelatihan dan pengembangan yang dibutuhkan terlebih lagi memberikan imbalan kerja berupa gaji serta keadaan lingkungan kerja yang baik, pendekatan saintifik dapat meningkatkan nilai kepuasan pekerja maupun menurunkan absensi dan pergantian.

C.    Ruang Lingkup Pendekatan Saintifik

Pendekatan saintifik termasuk teknik yang dipakai untuk melakukan pengujian dan mendapatkan pemahaman baru mengenai dunia fisik serta kehidupan. Ruang lingkup pendekatan saintifik meliputi segenap faktor observasi yang dilangsungkan dengan mekanisme ilmiah. Hal tersebut mencakup pengamatan, pengukuran, formulasi hipotesis, pengujian hipotesis, dan analisis data.

Pendekatan saintifik dilandaskan pada kaidah-kaidah dasar yakni objektivitas, teratur, berbasis kenyataan, dan bisa diuji kebenarannya. Ruang lingkup pendekatan saintifik mencakup banyak bidang pengetahuan termasuk fisika, biologi, kimia, psikologi, dan sosiologi. Pada tiap-tiap bidang pengetahuan tersebut, pendekatan saintifik digunakan dalam rangka menghasilkan pandangan baru dan membenahi pemahaman seseorang mengenai dunia yang ditempatinya.
 
Pendekatan saintifik memiliki sejumlah tahapan dasar yang dilangsungkan dalam rangka melakukan pengujian suatu hipotesis. Tahap pertama ialah melakukan pengamatan mengenai fenomena yang muncul di dunia fisik. Lalu peneliti, memformulasikan hipotesis yang mampu mendeskripsikan fenomena terkait. Selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis dengan menghimpun data melalui penelaahan dan pengukuran yang analitis. Sesudah data terhimpun, dilakukan penafsiran dan pendalaman data untuk melakukan pengujian kebenaran hipotesis.
 
Dengan mengaplikasikan pendekatan saintifik, seseorang bisa mendapatkan pemahaman maupun ilmu baru yang memberikan nilai guna dalam rangka meningkatkan wawasannya mengenai dunia dan untuk mendorong kemajuan teknologi baru serta meningkatkan kesejahteraan manusia.
 
Demikian penjelasan pendekatan saintifik: pengertian, tujuan, dan ruang lingkup. Semoga bermanfaat untuk semua yang membaca postingan ini.

 
Referensi:
 
Lestari, Endang Titik. 2020. Pendekatan Saintifik Di Sekolah Dasar. Penerbit Deepublish. Sleman.